Sunday, 28 February 2016

Nonton Pertandingan Bola Basket


twitter.com/IBLindonesia


(31/01/2016) Sebelum saya menulis lebih panjang, saya ucapkan terimkasih terlebih dahulu kepada JNE, yang telah memberikan beberapa tiket, sehingga saya bisa menonton pertandingan bola basket ini.

Ini adalah kali pertama saya menonton sebuah pertandingan bola basket dalam sebuah kompetisi resmi, apalagi ini kompetisi tingkat nasional yakni Indonesia Basket League (IBL).

Indonesia Basket League (IBL) berlangsung dalam beberapa seri, dan waktu itu sudah masuk seri ke II yang berlangsung di GOR Bimasakti Malang.

Saya sampai di GOR Bimasakti sekitar pukul 16.00 WIB. Ini juga kali pertama bagi saya datang ke GOR Bimasakti, untungnya lokasinya tidak terlalu jauh dan tentu tidak begitu sulit menemukan lokasinya.

Suasana di dalam GOR Bimasakti
twitter.com/bandungutama

Lanjut.. saat itu tengah berlangsung pertandingan ke dua, yakni pertandingan antara Hang Tuah Sumsel VS Garuda Bandung, yang saat itu sudah masuk di quarter 3.

Untuk jadwal pertandingan di seri II di hari ketiga bisa dilihat pada gambar dibawah:

twitter.com/IBLindonesia

Saya tidak akan mengulas mengenai jalanya pertandingan karena saya sudah lupa-lupa ingat dan banyak hal yang belum saya ketahui mengenai pertandingan bola basket. Yang jelas saya begitu menikmati pertandingan yang berlangsung saat itu, meski banyak hal yang belum saya ketahui mengenai pertandingan bola basket. Selain pertandinganya yang menghibur, ada juga sosok penting yang begitu menghibur yakni keberadaan para maskot. Adasi RORI maskot dari JBU yang begitu menghibur, aksi Rori ini kocak banget, tingkahnya lucu sampai mengocok perut penonton. Tidak Cuma dilapangan, tapi juga hadir ditengah penonton yang duduk dibangku tribun, bahkan penonton yang duduk bersebelahan dengan saya meminta untuk selfie. Kata Mas Announcer, si Rori ini selalu hadir dalam setiap pertandingan JBU. Total banget nih, saya jadi penasaran dengan sosok dibalik kostum tersebut.


Rori
twitter.com/IBLindonesia

Walau sudah menonton langsung pertandingan bola basket, masih banyak hal yang belum saya ketahui yang berkaitan dengan basket ini, malah muncul beberapa pertanyaan.
1. ada berapa banyak sesuatu yang bisa dikategorikan sebuah pelanggaran?
2. saya masih binggung, mana yang umpire dan mana yang refree
3. mengapa ketika terjadi pelanggaran atau yang lain, umpire/ refree berlari ketengah lapangan, menghadap petugas meja dengan mengerakan tanganya (sebuah isyarat/ kode)?
4. apa sih tugas dari petugas meja?
Dan masih banyak lagi...

Jujur, setelah menonton ini saya ingin datang lagi untuk menonton. Tapi dengan harga tiket yang “lumayan” membuat saya berpikir ulang, mungkin harus nabung dulu kalau ingin kembali nonton nih J. Untuk harga tiket sendiri di banderol 60K untuk tribun, sedangkan VIP dibanderol 300K, tapi untuk pelajar/ mahasiswa bisa mendapat disc 20 %.

Untuk penutup, kembali saya ucapkan terimakasih kepada JNE yang sudah memberikan saya tiket, sehingga saya bisa menonton pertandingan bola basket ini dan tentu mendapatkan sebuah pengalaman.



4 comments:

  1. wah ane juga penggemar basket gan.... pelanggaran basket misalnya:
    1. walk in : pemain ngebawa bola dengan jalan lebih dari selangkah tanpa memantulkan bola
    2. Back Ball : ngoper/bawa bola kebelakang, padahal bola sudah melewati separuh lapangan lawan...
    3. Fault (regular) : ngalangin lawan dengan kaki atau nepis tangan lawan waktu lawan lagi dribble
    diantaranya itu gan... hehe

    ReplyDelete
  2. saya juga sering nonton gan, pertandingan basket yg di TV nasional sering Live. tapi masih bingung aja cara mainya, maksudnya sistem gamenya. soalnya menarik main basket hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Gan, sabtu-minggu biasanya disiari di tv. nonton langsung lebih menarik, lebih terasa atmosfer pertandinganya.
      soal aturan, saya juga masih binggung. kayaknya banyak baget aturanya.
      menarik juga, kalau main olahraga ini.

      Delete