Monday, 14 March 2016

Satu, Dua Ribu. Tiga, Lima Ribu



Saya seringkali mengunakan bus sebagai alat transportasi saat pergi ke Malang dan ke Surabaya. Ya, setidaknya dua minggu dua kali. Tentu saya punya alasan tersendiri mengapa lebih memilih bus daripada jenis transportasi lainya, namun kali ini saya tak mengungkapkan alasanya.

Seringkali di dalam bus saya menemui pedagang asongan yang menawarkan barang daganganya. Mereka menawarkan daganganya pada setiap penumpang, dagangan mereka dari makanan hingga barang seperti topi, ikat pinggang dll.

Ada beberapa jenis makanan yang jadi dagangan pedagang asongan yang satu bungkus/biji dijual dengan harga dua ribu rupiah, tapi kalau mau beli tiga cukup membayar lima ribu rupiah.
Apa saja?

1. Tahu
Tahu adalah jenis makanan yang paling banyak dijual oleh pedagang asongan. Satu bungkus biasanya berisi lima sampai enam biji tahu, biasanya ada tambahan dua biji cabai atau sambal atau petis, tapi ada juga yang isinya tahu saja. Harganya dua ribu rupiah satu bungkusnya, kalau bei tiga bungkus sampeyan cukup bayar lima ribu saja.

2. Kacang
Ada kacang atom, kacang koro dan kacang mente. Sebungkus dua ribu rupiah, tiga bungkus cukup bayar lima ribu rupiah. Selain yang harganya dua ribu satu bungkusnya, ada juga yang sebungkusnya dihargai seribu rupiah.

3. Kerupuk
Kerupuk sangat cocok bagi yang pengen sama cemilan yang renyah kriuk-kriuk. Para pedagang asongan biasanya menjual “krupuk tahu” ada yang bentuknya kotak ada pula yang panjang. Saya masih penasaran, sebutan “krupuk tahu” itu apa karena krupuk tersebut dari tahu atau hanya sebutan karena bentuknya mirip dengan tahu? Embohlah

4. Permen
Ada permen minyak kayu putih yang bentuknya bulat kecil-kecil waarna hijau. Ada permen asem dan ada pula permen merk “tolak angin” yang biasa dijual oleh pedagang asongan. Untuk para perokok nih, daaripada sampeyan ngerokok didalam bus lalu asapnya menganggu penumpang lain, lebih baik sampeyan ngemut permen saja.

5. Onde-onde
Kalau pedangang onde-onde biasanya saya jumpai kalau masih / masuk wilayah Malang. Ukuranya lebih besar daripada onde-onde pada umumnya karena onde-onde ini satu biji dijual dengan dua ribu rupiah, buat yang merasa kurang kenyang kalau cuma makan satu bisa beli tiga, cukup bayar lima ribu rupiah. Sukur-sukur kalau sampeyan beli pas masih kondisi hangat. Yo, wenak tenanan!


Selain yang saya sebutkan diatas, kemungkinan masih banyak jenis makanan ataupun barang yang dijual oleh pedagang asongan dengan harga satu bungkus/ biji seharga dua ribu rupiah, kalau beli tiga lima ribu rupiah. Mungkin sampeyan tahu, silahkan berkomentar.

2 comments: